Rabu, 30 April 2014

Tugas akhir pengujian tarik bab1



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
 Pengelasan adalah salah satu penyambungan dua bagian logam secara permanen dengan menggunakan tenaga panas. Tenaga panas ini diperlukan untuk mencairkan bahan dasar yang akan disambung dan kawat las sebagai bahan pengisi, setelah dingin dan membeku, akan terbentuk ikatan yang kuat dan permanen.
Ruang lingkup penggunaan teknik pengelasan dalam kontruksi sangat luas, meliputi perkapalan, jembatan, rangka baja, bejana tekan, pipa pesat, pipa saluran, kendaraan rel dan lain sebagainya. Di samping untuk pembuatan, proses las dapat juga dipergunakan untuk reparasi misalnya untuk mengisi lubang-lubang pada coran, membuat lapisan keras pada perkakas, mempertebal bagian-bagian yang sudah aus dan macam-macam reparasi lainnya. Pengelasan bukan tujuan utama dari kontsruksi, tetapi hanya merupakan sarana untuk mencapai ekonomi pembuatan yang lebih baik.
Dalam pengelasan terdapat berbagai macam bentuk kampuh baik kampuh terbuka maupun kampuh tertutup. Adapun bentuk kampuh yang peneliti ingin teliti adalah kampuh I, kampuh setengah V dan kampuh V. Pemilihan jenis kampuh yang tepat dalam proses pengelasan sangat berpengaruh terhadap kekuatan dari benda yang dilas. Ada dua pengujian daerah las yaitu pengujian merusak benda kerja dan pengujian tidak merusak benda kerja. Pengujian merusak antara lain: uji mekanis (uji tarik, uji lengkung, uji hentakan (impact), uji kekerasan, uji kelelahan, uji kelelahan, uji struktur (uji permukaan pecahan, uji makroskopik, uji mikroskopik), uji kimia (uji analitis, uji kekaratan, uji penentuaan kadar air). Pengujian tidak merusak antara lain: uji kerusakan pada permukaan (uji visual, uji partikel magnet, uji penetrasi, uji putaran arus listrik) uji kerusakan bagian dalam (uji radiografi, uji ultrasonik).
Pada pengujian ini peneliti menggunakan uji merusak benda kerja dengan pengujian tarik. Kekuatan tarik (tensile strength) adalah tegangan maksimum yang bisa ditahan oleh sebuah bahan ketika diregangkan atau ditarik, sebelum bahan tersebut patah. Beberapa bahan dapat patah begitu saja tanpa mengalami deformasi, yang berarti benda tersebut bersifat rapuh atau getas (brittle). Bahan lainnya akan meregang dan mengalami deformasi sebelum patah, yang disebut dengan benda elastic (ductile). Kekuatan tarik umumnya digunakan dalam mendesain bagian dari suatu struktur yang bersifat ductile dan brittle yang bersifat tidak statis, dalam arti selalu menerima gaya dalam jumlah besar, meski benda tersebut tidak bergerak.
1.2. Rumusan Masalah
1.    Bagaimanakah kekuatan tarik pada masing-masing kampuh, kampuh I, kampuh setengah V dan kampuh V.
2.    Apakah ada cacat las yang terjadi pada kampuh I, kampuh ½ V dan kampuh V.
1.3. Tujuan Penelitian
1.    Mengetahui kekuatan tarik besi ST60 dengan menggunakan las listrik dengan variasi kampuh posisi 3G.
2.    Mengetahui cacat las yang terjadi pada hasil pengelasan dengan menggunakan foto makro.
1.4. Batasan Masalah
Agar dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini lebih mengarah ke tujuan penelitian dengan membatasi pokok permasalahan sebagai berikut :
  1. Bahan yang digunakan besi ST60 dengan tebal 10mm.
  2. Proses pengelasan menggunakan las listrik.
  3. Posisi pengelasan 3G.
  4. Elektoda yang digunakan adalah elektroda LB 52U diameter 2,6mm dan 3,2mm.
  5. Arus listrik yang digunakan dalam proses pengelasan las listrik yaitu 80 Ampere.
  6. Kampuh yang digunakan adalah kampuh I, Kampuh setengah V dan Kampuh V.
  7. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian tarik.
  8. Spesimen uji tarik ASTM A370.
  9. Foto struktur makro menggunakan camera CANON EOS 1100D Kit.
1.5. Manfaat Penelitian             
  1. Untuk mengetahui nilai hasil kekuatan tarik yang terjadi pada proses penyambungan setelah proses pengelasan listrik.
  2. Membandingkan hasil pengelasan dengan cara mengetahui pengaruh hasil pengelasan las listrik terhadap kekuatan tarik besi ST60.
  3. Dari data-data ini dapat menjadi refrensi bagi peneliti selanjutnya tentang pengelasan las listrik.

1 komentar:

  1. The Casino in Las Vegas - DrMCD
    DrMCD is an independent Portland-area 서산 출장마사지 health and safety information service 계룡 출장마사지 offering 성남 출장샵 the highest quality, unbiased and 영주 출장마사지 unbiased healthcare Is Dr.MCD currently accepting reservations?What are the check-in 울산광역 출장샵 and check-out times at DrMCD?

    BalasHapus